Thursday, June 27, 2013

SUKARNYA MENEBUS KESALAHAN SESAMA MAKHLUK....


Suatu hari, seorang lelaki yang telah banyak menanggung kesalahan datang menemui seorang guru dengan harapan ia akan mendapatkan petunjuk bagaimana memperbaiki kesalahan-kesalahan yang pernah ia lakukan.

“Guru, saya mempunyai banyak dosa, saya sering memfitnah, berbohong, dan menggosipkan orang lain dengan banyak hal-hal yang buruk.

Sekarang saya menyesal dan ingin meminta maaf zahir dan batin kepada mereka.

Bagaimana caranya agar Allah, dan mereka yang pernah saya sakiti mengampuni semua kesalahan saya?”

Mendengar hal itu, sang guru berkata.

“Baiklah, kalau begitu tolong kau ambil bantal di tempat tidurku.

Kemudian bawalah ke pinggir kota, dan setelah di sana bukalah bantal itu sampai bulu-bulu ayam dan kapas yang ada di dalamnya terbang ditiup angin.

Itulah bentuk hukuman dari kata-kata jahat yang pernah keluar dari mulutmu.”

Meski kebingungan, lelaki itu menerima apa yang telah diperintahkan kepadanya.

Di pinggiran ia membuka bantal tersebut, dan dalam sekejap masa bulu ayam dan kapas berterbangan tertiup angin.

Setelah selesai melakukan hukuman itu ia kembali menemui sang guru dan bertanya,

“saya telah melakukan apa yang guru perintahkan, apa itu bererti saya telah diampuni?”

Mendengar hal itu, sang guru menggelengkan kepala dan berkata

“Kamu belum mendapatkan pengampunan, kamu baru saja menjalankan setengah hukumanmu.

Kini kembalilah ke pinggiran dan pungutlah kembali bulu-bulu ayam dan kapas yang tadi berterbangan ditiup angin.”

Moral of the story:
Begitu sukarnya menebus dosa kita sesama makhluk....mereka yg pernah kita zalimi, kita fitnah dan tuduh macam2, mereka yg kita tipu, kita uimpat....selagi tidak di ampun kan oleh mereka yg berkenaan maka dosa kita masih belum terampun...

Oleh itu...berhati2 terhadap dosa sesama kita, memfitnah, mengumpat, menipu, menzalimi dan sebagainya...

Wallahu a'lam


Sumber: Facebook

No comments: