Saturday, October 13, 2012

HIKMAH MEMBACA

[ Sumber: Doodle dakwah]

Bagi umat Islam membaca yang paling utama adalah membaca qalam Allah yaitu Alquran, setelahnya tentu membaca semua yang dapat dijangkau oleh kita sebagai manusia. Untuk menyebut berbagai keutamaan membaca Alquran diantaranya adalah bahwa dengan membaca Alquraan akan memberi banyak hikmah (QS. Az-Zukruf: 4), sebagai pelajaran, penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk-petunjuk serta rahmat bagi orang-orang beriman (QS. Yunus: 57), petunjuk dan penawar bagi orang-orang yang beriman (QS. Fushsilat: 44).

Membaca Alquran tentu merupakan amalan yang sangat mulia dan akan mendapatkan pahala, juga kepada yang mendengarkannya, “Dan apabila dibacakan Al-Quran, maka dengarkanlah baik-baik dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat.” (QS. Al- ‘Araaf: 204). Bertambah iman dan bertawakal kepada Allah (QS. Al Anfaal: 2).

Secara ilmiah Dr. Al Qadhi melakukan penelitian di Klinik Besar Florida Amerika Syarikat, Ia ber

hasil membuktikan bahwa dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Al quran, seseorang muslim, baik mereka yang berbahasa Arab maupun bukan, dapat merasakan perubahan fisiologis. Penurunan depresi, kesedihan, memperoleh ketenangan jiwa, menangkal berbagai macam penyakit merupakan pengaruh umum yang menjadi objek penelitian Dr. Al Qadhi.

Laporan hasil penelitian yang disampaikan dalam Konfrensi Kedokteran Islam Amerika Utara pada tahun 1984 menyebutkan bahwa Alquran terbukti mampu mendatangkan ketenangan sampai 97 persen bagi mereka yang mendengarkannya. Kesimpulan hasil penelitian ini diperkuat oleh Muhammad Salim yang dipublikasikan Universitas Boston.

Alquran juga memberikan pengaruh besar jika diperdengarkan kepada bayi, seperti yang diungkapkan oleh Dr. Nurhayati dari Malaysia dalam Seminar Konseling dan Psikoterapi Islam di Malaysia pada tahun 1997. Menurut penelitian yang dilakukannya ini, bayi yang berusia 48 jam yang kepadanya diperdengarkan ayat-ayat Alquran dari tape recorder menunjukkan respons tersenyum dan menjadi lebih tenang.

Begitu juga dengan bagaimana kita membaca semua ilmu pengetahuan yang bermanfaat akan menjadi pintu dan jendela bagi terbukanya wawasan, pemahaman dan ilmu pengetahuan. Membaca semacam ini akan memberi kecerdasan dan kearifan, kebijakan dan kebajikan. Ia senantiasa memberi manfaat yang positif bagi siapa saja yang melakukannya.

No comments: